GuidePedia

0
MANFAAT AIR WUDHU


Zetseo.com- Berwudhu sering dilakukan oleh para umat Islam untuk membersihkan diri dari segala najis sebelum menunaikan sholat. Berwudhu memang kelihatan sederhan, Namun tahukah anda kalau berwudhu mempunyai manfaat yang sangat besar, Bahkan ahli fikih menjelaskan kalau hikmah berwudhu merupakan bagian upaya untuk memelihari kebersihan fisik dan rohani.


Allah SWT menyuruh manusia untuk memelihara kebersihan, Bahkan memerintahkan umat Muslim untuk berwudhu/ Membersihkan diri dari segala kotoran serta najis. Maka Berwudulah sebelum memulai aktifitas dalam hidup, ataupun melakukan wudhu terlebih dahulu sebelum melaksanakan sholat.  Karena tidak akan sah Sholat seseorang sebelum di berwudhu, sesuai dengan hadist berikut ini:

''Allah SWT tidak akan menerima sholat seseorang diantara kamu, hingga dia berwudhu. ''( HR. Bukhari Muslim)


Prof Leopold Werner von Ehrenfels seorang psikater asal Australia melakukan penelitian. Ia menemukan sesuatu yang menakjubkan dalam Wudhu karena mampu merangsang pusat syaraf dalam tubuh manusia. karena keselarasan air dengan wudhu dan titik-titik syaraf, Kondisi tubuh senantiasa akan sehat kalau kita melakukan wudhu dengan benar.

Berwudhu juga sangat baik dilakukan sebelum kita tidur,
Rasullullah Saw bersabda,'' Barang siapa tidur dimalam hari dalam kedaan suci( berwudhu ) maka malaikat akan tetap mengikuti, lalu ketika ia bangun Niscaya Malikat itu akan berucap '' Ya ALLAH ampunilah hambamu ini, Karena ia tidur di malam hari dalam keadaan suci. ''( HR. Ibnu Hibban dari Ibnu Umar r.a)

air wudhu mempunyai banyak manfaat

Berwudu sebelum tidur juga memiliki banyak khasiat.


  1. Berwudu bisa Merilekskan otot-otot kita sebelum beristirahat karena apabila seseorang berwudu, maka pikiran akan terasa rileks badan tidak akan terasa capek.
  2. Berwudhu dapat mencerahkan wajah karena kinerja wudhu      ini dapat menghilangkan noda membandel dalam kulit, kotoran yang ada dalam wajah kita akan senantiasa hilang  maka kulit kita akan terlihat cerah alami. sebaik-baiknya make up tidak akan bisa menandingi air wudhu
  3. Dengan berwudhu sebelum tidur maka kita akan di doakan malaikat seperti hadist di atas, Malaikat akan senantiasa memberikan perlindungan dan akan mendoakan umat muslim yang berwudhu sebelum ia tidur.



Post a Comment

Tinggalkan cacimaki anda di kotak komentar yang sudah saya sediakan ^_^

 
Top