GuidePedia

1
Sebanyak 100 jama'ah haji meninggal


Zetseo.com- Para jama'ah haji Indonesia yang wafat semakin bertambah saat melaksanakan wukuf di padang Arafah. Selain karena cuaca yang sangat ekstrim Kondisi fisik yang lemah juga menjadi penyebabnya. kebanyakan jama'ah haji yang wafat yang sudah berusia Lansia karena proses ritual haji cukup menguras energi.

Dari data sistem Komputerisasi Haji terpadu Mencatat jama'ah yang wafat sebanyak 100 orang. Sebelum wukuf, jama'ah yang meninggal dunia 87 orang. Berarti dalam dua hari ada sebanyak 13 jama'ah haji yang meninggal dunia.

Dr.Lucky Tjahjono selaku Koordinator kesehatan arafah mengatakan, ''Sebelum melaksanakan wukuf pihaknya mencatat ada dua jama'ah haji yang meninggal di perkemahan karena sakit yang di deritanya. Namun angkanya bertambah paska wukuf. penyebabnya karena Cuaca yang sangat Ekstrim, di mana suhu mencapai hingga 45 dejat celcius. ada sebanyak empat jama'ah meninggal dunia saat dirawat di BPHI Arafah. '' Jadi saat Arafah total jamaah yang meninggal dunia sebanyak enam orang, Sementara yang dirawat intensif yang di antaranya di rujuk ke RS.Arab saudi ada 87 orang yang meninggal, ujar Dr.Lucky.


jamah haji diingatkan cuaca ekstrim


Dari data siskohat, Jamaah yang meninggal dunia terbanyak berasal dari daerah Embarkasih Solo yakni mencapai 20 orang, Kemudian jama'ah asal Surabaya dan Jawa barat, Maing-masing 14 orang. Sisanya tersebar di 10 Embarkasih lain dan jama'ah yang di berangkatkan ibadah haji khusus.

Post a Comment

Tinggalkan cacimaki anda di kotak komentar yang sudah saya sediakan ^_^

 
Top