GuidePedia

0
perkembangan ekonomi banyuwangi terus meningkat

Zetseo.com- Pemerintah Kabupaten Banyuwangi, Terus berupaya mengoptimalkan sektor Ekonomi berbasis Pariwisata. Strategi ini terus di upayakan agar daerah yang berjuluk The Sunrise Of Java tersebut tidak hanya mengandalkan industri Ekstraktif berbasis Sumber Daya Alam.

Hal tersebut diungkapkan Bupati Banyuwangi Bpk. Azwar Anas, beliau menceritakan Perjuangan Pemkab Banyuwangi memilih jalur negosiasi dalam memperjuangkan hak daerah manajemen pengelola  industri ekstraktif, khususnya pertambangan emas di daerahnya. Pemkab banyuwangi menempuh jalur perbaikan regulasi sehingga kegiatan pertambangan lebih berpihak ke daerah. Namun langkah ini awalnya di pandang sanis. tapi kita terus berkomitmen karena semua ini demi masa depan rakyat Banyuwangi dan sampai akhirnya pemkab Banyuwangi berhasil merevisi isi perjuangan hibah saham menjadi non-dilusi. Daerah itu tidak boleh menyerah meski sekarang Undang-Undang belum memihak. ''ujar Bupati Anas.


Menurut bpk. Anas, Pengelola sektor tambang di indonesia memang belum berpihak kepada daerahnya, Royalti tambang yang diberikan sangatlah rendah, Sehingga dampak tambang bagi kesejahteraan Rakyat sangatlah minim. Banyuwangi pun terus berupaya merintas pengembangan ekonomi berbasis Pariwisata untuk mendapatkan saham Golden share/ cuma-cuma.

Meskipun potensi tambang di banyuwangi cukup besar, Banyuwangi tidak bergantung pada hasil tambang tersebut. Sejumlah sektor ekonomi terus digerakan, salah satunya sektor idustri kreatif berbasis Pariwisata. Pengembangan destinasi di Kabupaten Banyuwangi terus dilakukan.

Misalnya Pantai Pulau merah yang dulu relatif tak terawat dan sangat sepi, Namun sekarang sangat bersih, terawat dan ramai pengunjung. Tiap tahun digelar selancar International ditempat tersebut. Masyarakat setempat banyak yang membuka usaha dengan cara membuka kedai makanan, Souvenir, menyewakan Homestay untuk para wisatawan.

Berkat berbagai pengembangan tersebut Sektor perkembangan Ekonomi berbasis Pariwisatawan di Banyuwangi terus mengalami pertumbuhan, kenaikan sektor kerajinan tekstil pada Produk Domestik Regional Bruto meningkat hingga 80%.

ekonomi banyuwangi terus meningkat

Sungguh sangat luar biasa daerah yang berjuluk The Sunrise Of Java ini, Pariwisata dan Industri kreatif adalah sektor yang nyaris tak pernah surut. Maka kedepan sektor ini bisa jadi tumpuan Ekonomi Kabupaten Banyuwangi supaya terus mengalami oeningkatan.



Post a Comment

Tinggalkan cacimaki anda di kotak komentar yang sudah saya sediakan ^_^

 
Top